• LILIS RINA SANTI
  • Bahagia Itu Sederhana, Bermanfaatlah Bagi Orang Lain

Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)

Demokrasi adalah sistem pemerintahan di mana keputusan-keputusan penting diambil melalui pembicaraan bersama oleh rakyat. Di Indonesia, demokrasi sangat penting karena masyarakat Indonesia adalah masyarakat multikultural. Masyarakat Indonesia terdiri dari berbagai budaya yang beragam, dan keberagaman ini sudah ada sejak lama sebelum negara Republik Indonesia didirikan. Dalam demokrasi, masyarakat diberi hak dan kebebasan untuk berpendapat dan mengambil keputusan.

Pentingnya kehidupan demokrasi dalam masyarakat mendukung terciptanya kehidupan bersama yang nyaman. Dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, demokrasi memiliki peran yang sangat penting. Salah satu contoh perilaku demokrasi di lingkungan bangsa dan negara adalah menggunakan hak pilih untuk memilih presiden, wakil presiden, DPR, DPD, dan DPRD. Selain itu, masyarakat juga dapat menyampaikan aspirasi kepada wakil rakyat dan memberikan kritik yang membangun bagi bangsa. Dengan demikian, demokrasi dapat menghindari tindakan sewenang-wenang terhadap warganegara dan mengakomodasi aspirasi rakyat.

Demokrasi juga penting dalam membangun karakter budaya politik. Budaya politik adalah aspek politik dari sistem nilai-nilai yang berkembang dalam masyarakat. Partisipasi politik masyarakat sangat membantu berkembangnya budaya politik dalam suatu negara. Melalui partisipasi politik, masyarakat dapat terlibat dalam segala tahapan kebijakan, mulai dari pembuatan keputusan sampai dengan penilaian keputusan. Dengan demokrasi, masyarakat adil dan makmur bisa terwujud. Demokrasi juga dapat menjadi wadah pengikat kesepakatan nasional yang harus dihormati. Dengan demikian, demokrasi dapat membantu mewujudkan masyarakat adil dan makmur.

Untuk mewujudkan kehidupan yang demokratis, setiap warga negara dapat memulainya dengan menampilkan beberapa prinsip. Generasi penerus bangsa juga memiliki peran penting dalam menegakkan nilai-nilai demokrasi. Generasi penerus bangsa dapat membiasakan hidup demokratis di lingkungan keluarga, sekolah, dan tempat tinggal. Dengan demikian, kehidupan berbangsa dan bernegara yang demokratis dapat terwujud.

Dalam kesimpulannya, demokrasi sangat penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Dalam demokrasi, masyarakat diberi hak dan kebebasan untuk berpendapat dan mengambil keputusan. Partisipasi politik masyarakat sangat membantu berkembangnya budaya politik dalam suatu negara. Dengan demokrasi, masyarakat adil dan makmur bisa terwujud. Oleh karena itu, penting bagi kita semua untuk mendemonstrasikan praktik demokrasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Ancaman, tantangan, hambatan, dan gangguan (ATHG) adalah hal-hal yang dapat mengancam keutuhan dan keselamatan negara Indonesia. Ancaman dapat berasal dari dalam negeri maupun luar negeri, seperti ancaman militer dan ancaman non militer. Ancaman militer menggunakan kekuatan bersenjata dan dinilai membahayakan negara, sedangkan ancaman non militer tidak menggunakan senjata. Tantangan adalah hal atau usaha yang bertujuan menggugah kemampuan seseorang. Tantangan dalam konteks ketahanan nasional adalah hal yang sangat penting bagi keberlangsungan suatu negara. Hambatan adalah hal yang menghalangi upaya pemerintah dalam menjaga ketahanan nasional. Hambatan dapat berasal dari berbagai faktor seperti masalah ekonomi, masalah sosial, dan masalah politik. Gangguan adalah hal yang mengganggu keamanan dan stabilitas nasional, namun tidak sampai membahayakan secara serius. Contohnya adalah demonstrasi, aksi unjuk rasa, dan kerusuhan sosial.

Indonesia menghadapi berbagai ATHG dalam berbagai bidang, seperti ekonomi, sosial budaya, ideologi, politik, ketahanan, dan keamanan. Contoh ATHG dalam bidang ekonomi adalah pandemi Covid-19. Pandemi ini tidak hanya mengancam kesehatan masyarakat dan ekonomi, tetapi juga ketahanan pangan. Contoh ATHG dalam bidang politik adalah tekanan politik dari dalam dan luar negeri. Ancaman politik dari luar negeri dapat berupa tekanan politik terhadap Indonesia oleh negara lain. Ancaman politik dari dalam negeri dapat berupa masalah-masalah politik seperti intimidasi, provokasi, atau blokade politik. Contoh ATHG dalam bidang ideologi adalah ancaman terhadap Pancasila seperti komunisme dan liberalisme. Ancaman ini dapat mengancam kepribadian bangsa Indonesia jika tidak diatasi.

Untuk mengatasi ATHG, pemerintah harus memiliki strategi dan rencana yang jelas. Pemerintah juga harus memiliki sumber daya yang cukup untuk mengatasi masalah tersebut. Selain itu, pemerintah juga harus bekerja sama dengan masyarakat dan negara lain untuk mengatasi masalah. Dalam menjaga ketahanan nasional, suatu negara harus mempersiapkan diri untuk mengatasi ancaman, gangguan, hambatan, dan tantangan yang mungkin timbul. Dengan pemahaman yang baik tentang ATHG, warga Indonesia dapat berperan aktif dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

Bentuk negara Indonesia adalah kesatuan, sedangkan bentuk pemerintahannya adalah republik. Hal ini berarti bahwa Indonesia adalah negara yang bersatu dan pemerintahannya dipimpin oleh seorang presiden. Presiden Republik Indonesia memegang kekuasaan sebagai kepala negara dan kepala pemerintahan. Sistem pemerintahan di Indonesia menganut sistem pemerintahan presidensial.

Indonesia telah mengalami beberapa perubahan dalam bentuk negara dan sistem pemerintahannya sejak merdeka pada tahun 1945. Pada tahun 1949 sampai 1950, Indonesia pernah mengubah bentuk negara menjadi Negara Federasi/Serikat, namun kembali menjadi Negara Kesatuan pada tahun 1951. Selama 77 tahun merdeka, Indonesia tetap bertahan dalam satu bentuk pemerintahan, yaitu Republik.

Pemerintah Indonesia memiliki tugas dan fungsi yang penting dalam menjalankan pemerintahan. Tugas pemerintah adalah untuk mensejahterakan masyarakat dengan menghadirkan pelayanan publik yang terjangkau, cepat, efektif, dan efisien. Selain itu, pemerintah juga memiliki tugas untuk menyelenggarakan ketertiban umum dan ketentraman, menyediakan sarana prasarana bagi masyarakat, serta melindungi masyarakat. Fungsi pemerintah meliputi pelayanan, pengaturan, pembangunan, dan pemberdayaan. Fungsi pelayanan pemerintah adalah memberikan pelayanan publik untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Sedangkan fungsi pengaturan pemerintah adalah mengatur berbagai aspek kehidupan masyarakat.

Dalam bidang politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan, lembaga-lembaga negara memiliki peran penting. Salah satu lembaga negara yang memiliki peran penting adalah Lemhannas RI, yang bertanggung jawab kepada Presiden dalam koordinasi, sinkronisasi, dan pengendalian urusan politik, hukum, dan keamanan. Lembaga ini memiliki tugas untuk menyelenggarakan pendidikan penyiapan kader dan pemantapan pimpinan tingkat nasional, serta mengkaji permasalahan nasional, regional, dan internasional. Selain itu, lembaga-lembaga negara juga memiliki peran dalam membangun karakter bangsa dan meningkatkan wawasan kebangsaan.

 Dengan memahami bentuk negara, bentuk pemerintahan, sistem pemerintahan, dan peran lembaga-lembaga negara dalam bidang politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan, kita dapat lebih memahami bagaimana pemerintahan Indonesia berjalan dan berperan dalam kehidupan sehari-hari masyarakat.

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Sejarah Perumusan Pancasila

PENDIDIKAN PANCASILA KELAS X SMK SEJARAH PERUMUSAN PANCASILA         Pancasila sebagai ideologi negara merupakan gagasan yang dirumuskan melalui pr

01/08/2023 09:41 WIB - Administrator
PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI TERBUKA (KELAS XI)

PENDIDIKAN PANCASILA KELAS XI SEMESTER GASAL PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI TERBUKa 1. Makna dan Hakikat Ideologi Ideology berasal dari kata idea yang berarti gagasan, konsep, pengertia

27/07/2023 23:41 WIB - Administrator
Bhinneka Tunggal Ika , Kelas XII

BHINNEKA TUNGGAL IKA KELAS XII 1. Makna dan Pentingnya Integrasi Nasional dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika Integrasi nasional dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika dapat dimaknai meng

25/07/2023 15:35 WIB - Administrator
Supervisi Akademik Rekan Teman Sejawat (Pembelajaran Berdiferensiasi dan KSE)

https://www.youtube.com/watch?v=MGubVS0yenc

04/07/2023 21:51 WIB - Administrator
SEMESTA ( Serba Serbi Implementasi Aksi Nyata

04/07/2023 19:02 WIB - Administrator
Lilis Rina Santi, CGP Angkatan 7 Kota Pekalongan

04/07/2023 08:00 WIB - Administrator
MODUL 3.3

04/07/2023 01:18 WIB - Administrator
MODUL 3.2

04/07/2023 01:11 WIB - Administrator
MODUL 3.1

04/07/2023 01:05 WIB - Administrator
MODUL 2.3

04/07/2023 01:02 WIB - Administrator